PEMBELAJARAN PERPUSTAKAAN
OLEH : Drs. Masdin
I. PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Proses
belajar mengajar adalah pekerjaan yang mudah jika dilihat dari sekedar proses
dan memenuhi kehadiran, tetapi hakikat
sesungguhnya mengajar itu adalah pekerjaan yang sangat sulit. Kriterium
utamanya adalah kesuksesan. Kesuksesan peserta didik menggunakan apa yang dipelajarinya
dalam berbagai situasi dalam hidupnya ( siap pakai ).
Kesuksesan
dalam pembelajaran sangat ditentukan oleh faktor guru, siswa, sarana prasarana
dan situasi. Guru sebagai pelaku utama
harus memiliki kesiapan, stategi dan metode yang jitu dalam merancang suatu
pembelajaran.
Sebagai
upaya menuju pada kesuksesan pembelajaran penulis mencoba berinovasi dengan
berdasar metode kunjungan perpustakaan yang lasim dipakai oleh guru diramu
sedemikian rupa dengan menggunakan langka- langka tertentu diwujudkan sebagai
suatu pembelajaran yang diberinama “Pembelajaran Perpustakaan” khususnya pada mata pelajaran
Kewarganegaraan.
Pembelajaran
ini telah diterapkan oleh penulis sejak tahun 2005/2006 di SMA Negeri 1 Luwuk. Pada tahun pertama ( 2005 / 2006 ) diterapkan
pada kelas III IPS dan di tahun ajaran 2006 / 2007 diterapkan pada kelas XII
IPA.
B. Pengertian
Perpustakaan
adalah suatu tempat dimana berbagai informasi dan pengetahuan terdapat disana
dalam bentuk buku, majala, buletin dan koran serta yang sejenisnya oleh
petugasnya telah ditata rapi, yang secara khusus disajikan untuk para
pengunjung termasuk siswa.
Pembelajaran
Perpustakaan adalah suatu bentuk praktek pembelajaran kewarganegaraan yang
bersifat inovatif untuk membantu peserta didik memahami teori secara mendalam
melalui pengalaman belajar praktek dengan cara menyelusuri dan mengkaji
buku-buku (memilih, mencari data, membahas, mengelola dan menganalis) yang ada
di perpustakaan yang relevan dengan materi ajar, sebagai upaya peningkatan daya
nalar, kompetensi, tanggung jawab dan partisipasi antar siswa.
Pembelajaran
Perpustakan adalah suatu proses pembelajaran yang dilakukan di perpustakaan
oleh peserta didik dibawa bimbingan guru
kewarganegaraan dengan berdasarkan pada pedoman/langka-langka tertentu yang rancangannya telah disusun
atau dipersiapkan oleh guru sebelum
pembelajaran dilaksanakan.
C. Dasar
Pikiran
1.
Pembelajaran
kontekstual
Suatu
konsep pembelajaran yang menggabungkan antara teori dan dunia nyata jadi Peserta
didik mengalami dan melakukan secara langsung apa yang dipelajarinya.
2.
Belajar
Siswa Aktif atau Memperdayakan Siswa
Peserta
didik sepenuhnya melakukan aktivitas dimulai dari perumusan masalah, mencari
data, pengelolaan dan analisis hingga penyusunan laporan.
3.
Belajar
Kooperatif
Maksudnya
peserta didik belajar untuk bekerja sama dengan teman atau orang lain dalam
menyelesaikan masalah dibawa bimbingan guru dan belajar bagaimana menghargai
pendapat orang lain.
4.
Reactive
Teaching
Guru
selalu berinovasi untuk menciptakan strategi belajar yang menyenangkan, menarik
dan tidak membosankan sehingga peserta didik selalu termotivasi untuk belajar.
D. Tujuan
Pembelajaran
Pembelajaran
Perpustakaan bertujuan mengajak peserta didik untuk dapat :
1.
membiasakan
diri membaca dan menggunakan perpustakaan
2.
melatih
kemampuan menemukan dan menerapkan ide ( pikiran ) sendiri kedalam bentuk
tulisan ilmiah.
3.
melatih
menyelesaikan tugas / memecahkan masalah secara berkelompok atau bekerja sama dalam
menyelesaikan masalah.
4.
kemampuan
menganalisis isi laporan dan masalah yang terkait dengan materi pembelajaran.
5.
melatih
diri untuk dapat menyajikan hasil pemikiran secara tepat, argumentatif dan
komunikatif.
II. LANGKA – LANGKA PEMBELAJARAN
A. Persiapan
1.
Terlebih
dahulu guru mempersiapkan atau menyusun rancagan pembelajaran berdasarkan
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran ( RPP )
2. Guru
menyampaikan kompetensi yang ingin dicapai
3. Guru menyampaikan materi sebagai pengantar
4. Di dalam kelas siswa dibagi dalam beberapa kelompok, masing-masing
kelompok berjumlah 5 orang atau lebih dan masing – masing kelompok memilih 1
orang sebagai ketua.
5.
Guru
membagikan rancangan pembelajaran kepada masing-masing ketua kelompok untuk
menjadi pengangan / pedoman kelompok dalam proses pembelajaran.
B. Pelaksanaan
( Rancangan Pembelajaran )
1.
Pada bagian awal rancangan
pembelajaran memuat hal – hal berikut :
a. Mata
Pelajaran
b. Materi
Pembelajaran
c. Kelas
dan Semester
d. Kompetensi
Dasar
2. Tujuan
Pembelajaran
3. Uraian
Tugas Siswa
a. Setiap kelompok memilih atau merumuskan
satu masalah berdasarkan materi yang telah dijelaskan oleh guru.
b. Setiap kelompok membuat dan merumuskan
outline laporan.
c. Setiap siswa dalam setiap kelompok mendapat
tugas berdasarkan tugas yang telah dibagi oleh ketua kelompoknya masing –
masing untuk mencari bahan materi yang relevan atau berkenan dengan masalah
yang diangkat pada buku – buku, majalah, buletin atau surat kabar sebagai
sumber yang ada pada perpustakaan kemudian dikaji dan dianalisis secara bersama
– sama dalam satu kelompok untuk dirumuskan dalam bentuk laporan.
d. Hasil analisis atau kajian kelompok tadi
dibuat dalam bentuk makalah yang akan dipresentasikan didepan kelas oleh kelompoknya
masing-masing, yang kemudian Kelompok yang lain memberi tanggapan dan
masukan.
4. Kriteria
Pengerjaan Tugas Siswa
a. Laporan / makalah maksimal 8 Lembar diluar
daftar pustaka diketik dikertas kuarto 1, 5 spasi.
b. Memuat daftar pustaka yang lengkap diketik
menggunakan kriteria penulisan.
c. Laporan dipresentasikan pada pertemuan
minggu ke-2 (dua ).
5. Penilaian
a. Ketepatan
waktu meyelesaikan tugas
b. Kerapian
tugas
c. Substansi
kajian berdasarkan pada teori yang relevan
d. Argumentasi
rasional, logis dan sistematis
e. kemampuan
mempresentasikan laporan.
f. Penilaian
Individual dan kelompok.
III. PENUTUP
A. Kesimpulan
Pembelajaran
ini oleh penulis diberinama “Pembelajaran Perpustakaan” yakni suatu
bentuk praktek pembelajaran kewarganegaraan yang bersifat inovatif untuk
membantu peserta didik memahami teori secara mendalam melalui pengalaman
belajar praktek dengan cara menyelusuri dan mengkaji buku-buku (memilih,
mencari data, membahas, mengelola dan menganalis) yang ada di perpustakaan yang
relevan dengan materi ajar, sebagai upaya peningkatan daya nalar, kompetensi,
tanggung jawab dan partisipasi antar siswa.
B. Saran
Demi
kemajuan dan kesuksesan kita bersama penulis mengharap kritikan dan saran untuk
kesempurnaan tulisan ini, yang oleh penulis sebagai suatu karya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar